Kelurahan Opas Indah

Kec. Taman Sari
Kota Pangkal Pinang - Kepulauan Bangka Belitung

Info
Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Opas Indah.

Artikel

ICON PULAU PENGHASIL TIMAH

Administrator

30 September 2023

44 Kali dibuka

PANGKALPINANG, JournalAsia1922.com – Masjid Agung Kubah Timah yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang, setelah selesai dibangun nanti akan membanggakan bukan saja warga Pangkalpinang, tetapi Bangka Belitung.

Karena akan menjadi Icon pulau penghasil timah ini. Seperti diketahui, kejayaan timah di Bangka Belitung sudah berlangsung sejak zaman kolonial Belanda. Tetapi hingga kini belum memiliki Iconic yang sangat melekat diingatan, dan dikenal oleh masyarakat luar daerah.

Masjid Agung Kubah Timah yang sedang dibangun dengan konsep berbentuk kubah dan berwarna khas timah. Akan dipadukan dengan makara Masjid yang berbentuk bulan sabit dan bintang, tepat berada di bagian atas bangunan, terbuat dari timah seberat 600 kilogram.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil, saat meninjau Masjid Agung Kubah Timah, Rabu 27 September 2023 lalu, mengatakan realisasi pembangunannya sudah mencapai 85 persen dan masih sesuai dengan target.

“Target masih on schedule, ada sisa waktu satu bulan lebih, untuk menyelsaikan pembangunan tahap pertama. Semua sedang dalam proses,” sebutnya.

Ia berharap Masjid ini, bisa segera diresmikan dalam waktu yang telah ditentukan. Agar segera bermanfaat bagi umat.

“Mudah-mudahan pada waktunya bisa kita resmikan dan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh semua umat Islam yang ingin ke sini,” harap Maulan Aklil.

Beberapa fakta unik Masjid Agung Kubah Timah, salah satunya, Masjid ini dirancang oleh Arsitektur seorang Kepala Daerah saat itu. Yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, atas permintaan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil.

Lokasinya yang berdekatan dengan Alun-alun Taman Merdeka dan Titik Nol Kilometer. Tentu akan bermanfaat untuk pengunjung kedua objek keramaian tersebut, bagi yang beragama Islam saat waktu ibadah tiba.

Selain itu, Masjid Agung Kubah Timah akan menjadi simbol keberagaman dan toleransi di kota Beribu Senyuman, karena letaknya berdampingan dengan Gereja Maranatha Pangkalpinang.

Sangat selaras dengan istilah yang dikenal masyarakat Bumi Serumpun Sebalai, dengan sebutan Tongin Fangin Jit Jong. Yang selama ini telah terbukti keharmonisannya dalam hidup berdampingan.

Jika rencana dan keinginan Pemerintah Kota Pangkalpinang terwujud, Masjid ini akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Maka sempurna lah, melengkapi Legacy Kepemimpinan Wali Kota Maulan Aklil periode pertama masa jabatan 2018-2023. 

SUMBER JURNAL : https://journalasia1922.com/icon-pulau-penghasil-timah-akan-melengkapi-legacy-kepemimpinan-wali-kota-maulan-aklil/?fbclid=IwAR2_tEBodU5ZSpqWvee1UMdl2JBeITUP2sRpCC9QfJQhuUem6W7Zpy_mBcg

Form Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Kirim Komentar

Captha
Matematic

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Lurah

Juni, S.E.

Novi Herawaty

Novi Herawaty

Sekretaris Lurah

YENNIE YUNITA, SE

YENNIE YUNITA, SE

KASI PEMERINTAHAN

BELLINDA PURNAMASARI

BELLINDA PURNAMASARI

KASI KEMASYARAKATAN

AULIA SUJUDI

AULIA SUJUDI

PENGADMINISTRASIAN PEMERINTAHAN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Kelurahan Opas Indah

Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung

Sinergi Program

Komentar

Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini:9
Kemarin:81
Total:63.197
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:192.168.111.1
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Kelurahan

Latitude:-2.11409804
Longitude:106.11633353

Kelurahan Opas Indah, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkal Pinang - Kepulauan Bangka Belitung

Buka Peta

Wilayah Kelurahan