Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Opas Indah.

Artikel

Sejarah Kelurahan

01 Juni 2016 15:38:09  Administrator  72 Kali Dibaca 

Wilayah kelurahan adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus masyarakat setempat,berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan  Republik Indonesia. Pembangunan Kelurahan merupakan bagian integral dari pembangunan daerah dan pembangunan nasional. Pembangunan Desa/Kelurahan merupakan bagian integral dari pembangunan daerah dan pembangunan nasional. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan Daerah dan selanjutnya menjadi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2015 tentang pemerintahan daerah memberikan kewenangan yang lebih luas kepada daerah terutama Daerah kabupaten/kota untuk melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan yang sifatnya multi sektoral. wujud kemampuan melaksanakan kewenangan yang merupakan sebagian dari esensi otonomi daerah tersebut,daerah di tuntut untuk merumuskan program pembangunan secara komprehensip mulai dari pembangunan tingkat Desa/Kelurahan hingga Kabupaten/Kota. Program pembangunan yang di susun secara komprehensip sangat membutuhkan informasi yang komprehensip pula dan hal tersebut diperoleh melalui pengolahan data yang akurat.

Secara khusus Profil Desa/Kelurahan sebagai alat pendataan desa merupakan kumpulan data komprehensip (multi sektor), yang di harapkan dapat mengakomodasi kebutuhan data bagi pemanfaat data Kelurahan. Pendataan Kelurahan selama ini dilakukan secara parsial sesuai kebutuhan masing-masing pihak yang melakukannya sehingga kegiatan pembangunan Kelurahan juga di lakukan secara parsial, suatu hal yang harus diatasi dengan cara pengadaan suatu sistem pendataan yang komprehensip sebagaimana dengan adanya Profil Kelurahan ini.

         Oleh karena itu dibutuhkan langkah penyempurnaan terhadap data Profil Kelurahan yang telah ada untuk menghasilkan Profil Kelurahan yang lebih sistematis, akseptabel dan aplikabel. Hal ini dapat dilakukan melalui penyederhanaan cakupan data dan pengolahan, pendataan serta pengembangan sistem pengolahan data yang efektif dan efisien.

Secara umum Kelurahan Opas Indah merupakan salah satu kelurahan dari 5 Kelurahan yang ada dikecamatan Taman Sari dan 42 Kelurahan yang ada di Kota Pangkalpinang. Yang termasuk wilayah Kelurahan Opas Indah yang  berada disepanjang jalan RE. Martadinata, Jalan Depati Barin, Jalan Raden Abdullah, Jalan Timah, Jalan Cut Nyak Dien, dan Jalan Jend. Sudirman.

Selama berdirinya kelurahan Opas Indah telah beberapa kali terjadi pergantian perangkat kelurahan. Kelurahan Opas Indah memiliki luas wilayah 44 Ha dengan Batas Wilayah sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Rejosari, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Gedung Nasional, sebelah Barat berbatasan dengan jalan Jenderal Sudirman dan Sebelah Timur Berbatasan dengan Sungai Rangkui. Secara geografis Kelurahan Opas Indah memiliki Luas daratan 0.44 Km2, dengan luas kawasan pemukiman 0.44 Km2.

Kelurahan Opas Indah memiliki jumlah penduduk sekitar ±5000 Jiwa. Mata pencaharian penduduk  secara umum adalah bertani, penghasil lada dan juga usaha tani tanaman pangan seperti sayuran dan holtikultura, beternak, penangkapan ikan, jasa transportasi dan perdagangan.

Selain itu penduduk asli masyarakat kelurahan Opas Indah adalah Melayu, Sebagaimana halnya suku melayu di daerah ini juga mempunyai sistem kekerabatan yang bersifat parental dan beragama Islam.

Kelurahan Opas Indah memiliki potensi kelurahan yang terdiri dari potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya kelembagaan dan sarana dan prasarana. Dengan adanya potensi tersebut sangat mendukung untuk usaha perekonomian, pendidikan, dan kegiatan lainnya yang sangat bermanfaat bagi warga masyarakat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

24 Agustus 2016 | 47 Kali
Perayaan Hari Kemerdekaan 2016
30 April 2014 | 38 Kali
Kelompok Tani
01 Juni 2016 | 72 Kali
Sejarah Kelurahan
20 April 2014 | 42 Kali
Undang Undang
30 April 2014 | 41 Kali
LKMD
01 Juni 2016 | 40 Kali
Rapat membangun Komitmen antara Karang Taruna Desa Senggigi dengan Taruna Hotel
30 April 2014 | 43 Kali
LinMas

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Kelurahan

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Kelurahan

Lokasi Kantor Kelurahan


Kantor Desa
Alamat : Jl. RE. Martadinata No.16
Kelurahan : Opas Indah
Kecamatan : Taman Sari
Kota : Pangkal Pinang
Kodepos : 33684
Telepon :
Email : kel-opasindah@pangkalpinangkota.go.id

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:142
    Kemarin:42
    Total Pengunjung:12.358
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:192.168.1.99
    Browser:Tidak ditemukan